• Menyangkut Peran Organisasi Profesi
  1. Menyiapkan dan menerbitkan kartu anggota bagi semua anggota IMLA, beserta redefinisi syarat-syarat keanggotaan agar menyesuaikan dengan keadaan.
  2. Melaksanakan lokakarya-lokakarya, secara periodikal, yang bertujuan menyusun ulang stadar kompetensi dosen/guru bahasa Arab, termasuk kompetensi keilmuan, karakter dan sosial. Diharapkan lokakarya tersebut dapat melahirkan rancangan program-program pelatihan bagi tenaga pendidik dan kurikulum-kurikulum pada tingkat sarjana dan pascasarjana penghasil guru/dosen, dengan mempertimbangkan baik-baik maksud-maksud pokok sistem bahasa, pendidikan, budaya dan pembangunan berkelanjutan, serta perubahan konteks dan tantangannya, baik konteks budaya maupun peradaban kekinian.
  3. Melaksanakan lokakarya-lokakarya, secara periodikal, yang bertujuan untuk menyusun ulang kompetensi kebahasaan Arab pada tingkatan-tingkatan pendidikan sebelum sarjana, beserta program-program pelatihan para guru dan kurikulum-kurikulum terkait, dengan mempertimbangkan baik-baik maksud-maksud pokok sistem bahasa, pendidikan, budaya dan pembangunan berkelanjutan, serta perubahan konteks dan tantangannya, baik konteks budaya maupun peradaban kekinian.
  4. Melaksanakan lokakarya-loka karya, secara periodikal, yang bertujuan untuk menyusun stadar kompetensi kebahasaan Arab yang diperlukan untuk mengadakan tes-tes bahasa Arab sebagai sebagai bahasa asing dan agar standar tersebut sesuai dengan berbagai bidang ilmu pengetahuan.
  5. Menyelenggarakan PINBA minimal dua kali setahun dan muktamar setiap empat tahun sekali yang temanya disesuaikan dengan kebutuhan pada setiap keadaan.
  6. Menerbitkan Journal ilmiayah sesuai dengan bidang bidang konsntrasi kebahasaaraban  yang menjadi consen IMLA. Sedangkan yang terkait dengan fungsi kerjasama diharapkan IMLA bisa melakukan :
  7. Program Indonesia dengan bahasa Arab bekerjasama dengan berbagai lembaga yang memungkinkan menjalin kemitran dalam rangka memainkan peran peran dalam pembangunan bangsa dalam berbagi bidang pengembangan ekonomi seperti pariwisata, tenaga kerja , pengobatan haji umrah dan bidang bidang lain.
  8. Kelakukan kordinasi dengan lembaga lembaga setara IMLA baik lokal maupun internasional untuk memperbaiki posisi bahasa Arab dalam berbagai aspek ; perundangan, kekayaan bahasa baik bidang tex, kamus, kaidah kaidah maupun perolehan bahasa.
  9. Melakukan kunjungan bilateral antara IMLA dan para mitra diberbagai negara untuk tukar menukar pengalamanserta melakukan kegiatan bersama dalam berbagai bidang.
  10. Melembagakan kerjasama dalam mendesain program program penelitian ,pengajaran dan pengembangan sistem pengajaran bahasa Arab serta pelaksanaannya.
  11. Melembagakan kerjasama dalam bidang advokasi terhadap persoalan pewrsoalan bahasa Arab dan pengajarannya dikaitkan dengan pembangunan ilmu pengetahuan dan pembangunan berkelanjutan khususnya di negeri negeri muslim.
  12. Meneruskan kerjasama didalam menyelenggarakan seminar seminar bahasa Arab dikaitkan dengan progran program pemerintah dalam membangun bangsa yangt berkelanjutan.
  13. Menjadi jembatan didalam menjalin kerjasama dengan para mitra mitra berpengaruh baik ditingkat nasional, regional maupun internasional dalam bidang pertikaran pemhalaman  dan melakukan koordinasi upaya bersama dalam membentuk kepribadian Islam yang lurus menujiu pengembangan berkelanjutan sekaligus nerperan aktif dalam pembanguan.

 

  • Dalam Bidang advokasi  
  1. Bekerjasama dengan lembaga lembaga terkait dalam berupaya meningkatkan kesejahteraan guru dan dosen bahasa arab denagn meningkatkan kapasitas , kapabelitas serta profesionalitas mereka.
  2. Memperjuangkan nasib guru dan dosen bahasa Arab swasta agar nasibnya minimal sama denagn PNS.
  3. Merusaha agar kondisi bahasa Arab mendapatkan kedudukan yang wajar dengan  mendaptkan perlakukan dan perlindungan melalui opini dan perrundang undangan sehingga mendaptkan pengakuanan yang kuat di negeri muslim terbesar seluruh indonesi.
  • Bidang jaringan informasi:
  1. Membuta data base guru dan dosen bahasa Arab secara lengkap
  2. Memperbaiki Website IMLA serta update secara kontinyu yang dapat menjadi kekuatan dalam mempemperbaiki pengaruh opini masyarakat dan kebijakan pemerintah dalam pengajaran bahasa Arab.
  3. Membuat sistem jaringan informasi yang memudahkan publik mengakses berbagai hal terkait bahasa Arab dan pembelajaraannya.
  4. Membangun jaringan informasi bahasa Arab adio visual sebagai bagian dari Islam nusantra yang ikut membentuk karakter dan kepribadian bangsa Indonesia.

 

Berbagai kegiatan IMLA

Adapun pelaksanaan program kerja yang terkait dengan pengembangan keilmuan antara lain adalah diadakannya upaya-upaya strategis untuk memajukan dan mengembangkan  kompetensi dan profesionalisme para anggota adalah dengan menyelenggarakan workshop, pelatihan, dan seminar, baik bahasa, sastra, budaya, dan pengajaran bahasa Arab di berbagai perguruan tinggi/lembaga pengajaran bahasa Arab yang bekerjasama dengan Pengcab-pengcab IMLA di berbagai daerah. Kegiatan seminar yang diselenggarakan periode 2011-2015 sebagai berikut.

No Penyelenggara Tahun Tema
1. Nangro Aceh Darussalam

(IAIN Ar-Raniry)

11/XII/2011 “Peningkatan Pengembangan Profesionalisme Dosen Bahasa Arab Fakutas Tarbiyah Iain Ar-Raniry”

Dilanjutkan Penandatangan MoU IMLA dengan IAIN Ar-Raniry

2. Priangan Timur

(IAID Ciamis)

13/V/2012 Stadium General dan pelantikan IMLA Cabang Priangan Timur: “Peranan Bahasa Arab dalam Memaknai Khaszanah Keilmuan Islam”.

Pembicara: Prof. Dr. Taufik A. Dardiri “Bahasa Arab dan Pendidikan Islam”

 

3. Pekalongan

(STAIN Pekalongan)

03/XI/2012 Seminar Internasional dan pelantikan IMLA Cabang Pekalongan: “Daurah lughatil arabiyyah fi Tahqiqil hadlarah al-Alamiyah”
4. Jakarta (UIN Syarif H.) Desember 2012 Seminar Internasional:

5. Riau 12/I/2013 Seminar dan pelantikan IMLA Cabang Riau: “Peran Bahasa Arab di Era Globalisasi’

Diikuti pelantikan pengurus Pengcab Pekalongan

6. Priangan Timur

(IAID Ciamis)

02/VI/2013 Kebudayaan Arab Suriah Kontemporer

Pembicara:

1.      Dr. Bassam Saefuddin Al-Khatib, MA. (Dubes Suriah)

2.      Drs. Muzammil Basuni (Mantan Dubes RI untuk Suriah)

3.      Dr. Fadlil Munawwar Manshur (Rektor IAID, Ciamis)

7. Sumatera Barat

(UIN Imam Bonjol)

28-30/VIII/ 2013 Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab PINBA VIII dan Pelantikan Pengcab IMLA Sumatera Barat:

السياسة اللغوية في مجال إصلاح البنية المعلوماتية للغة العربية 

8. Nusa Tenggar Barat 24/X/2014 Seminar dan pelantikan IMLA Cabang Nusa Tenggara Barat: ‘Pemikiran Integrasi Interkoneksi Studi Islam’ dalam rangka pelantikan Pengcab NTB
9. Kalimantan Selatan 23 April 2015 Pelantikan Pengda IMLA diikuti

Seminar Nasional: “Peran Bahasa Arab dalam Menghadapi Persaingan Global”

10. Sumbar 27-29 Juli 2015 Daurah Penajaran bahasa Arab di Al-Huffadz School Payakumbuh Sumatera Barat.
11. Kalimantan Tengah 06/VIII/2015 Seminar Internasional dan pelantikan IMLA Cabang Kalimantan Tengah:

خطاب التجديد فى الدراسات اللغة العربية بين النظرية

والتطبيق

 

12.

Yogyakarta (UMY Yogyakarta) 24-26 Agustus 2015 Daurah Metodologi Pengajaran Bahasa Arab untuk Penutur Non Arab (Internasional)
13 Malang 27-29/VIII/ 2015 Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab IX dan Muktamar V IMLA dan Pelantikan Pengda/Pengcab:

اللغة العربية أساس الثقافة الإنسانية

“Bahasa Arab Azas Kebudayaan Manusia”

Secara Kelembagaan Internasional, PP IMLA secara resmi telah menjadi anggota Pendiri Majlis Bahasa Arab Internasional (MBAI) yang ditetapkan dalam muktamar ke 4 Majlis yang diselenggarakan di Dubei tanggal 5-10 April 2015.

Pada muktamar tersebut dihadiri oleh Sekjen PP IMLA Dr. Tulus Musthofa, Lc.,MA yang sekeligus ditetapkan sebagai anggota Pengurus Majlis. Sebagai tambahan informasi MBAI selalu menyelenggarakan seminar bahasa Arab tahunan di Dubai yang merupakan perhelatan ilmiah bahasa Arab terbesar. Pada Muktamar ke empat dihadiri oleh 2300 peserta dari berbagai negara.

 

Sumber dana PP IMLA

  1. Iuran anggota
  2. Bantuan dari pemerintah
  3. Kemitraan dengan lembaga sejenis
  4. Hasil penyelenggaraan kegiatan bersama dengan mitra
  5. Sumbangan lain yang halal dan tidak mengikat