PERAN DAN FUNGSI POKOK IMLA

 

FUNGSI

IMLA berfungsi sebagai:

  1. wadah aspirasi pengajar bahasa, sastra, dan budaya Arab,
  2. membantu pengajar bahasa, sastra, dan budaya Arab untuk meningkatkan kompetensi dan kariernya,
  3. pusat informasi tentang segala hal yang berkaitan dengan pembinaan dan pengembangan bahasa, sastra, dan budaya Arab,
  4. memberikan motivasi kepada masyarakat akademik untuk meningkatkan perhatian dan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa, sastra, dan budaya Arab,
  5. menjadi mitra pemerintah dalam peningkatan kualitas akademik dan kesejahteraan pengajar bahasa, sastra, dan budaya Arab,
  6. membangun jaringan kerjasama pengajar bahasa, sastra, dan budaya Arab di tingkat nasional, regional, dan internasional.

 

PERAN

IMLA berperan untuk:

  1. memberikan pertimbangan dan masukan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan tentang pembelajaran bahasa Arab di perguruan tinggi, sekolah, madrasah, Pondok Pesantren, lembaga pelatihan, dan lain sebagainya.
  2. memberikan dukungan pemikiran dalam penyelenggaraan, pembinaan dan pengembangan bahasa Arab di lembaga pendidikan dan pelatihan, mengkritisi dan mengontrol pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia.
  3. menjadi mitra pemerintah atau lembaga terkait untuk membina dan mengembangkan bahasa Arab di Indonesia.