Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Arab di UIN Sulthan Thaha Saifuddin

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Arab
UIN Sulthan Thaha Saifuddin

8-9 Oktober 2018


Pada minggu ke dua, IMLA melaksanakan pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Arab di Jambi tepatnya pada tanggal 8-9 Oktober 2018 bertempat di UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi. Dalam kegiatan ini UIN STS Jambi menggandeng kampus tetangga yakni Universitas Jambi (Unja) sebagai pelaksana kegiatan tersebut, karena Unja juga memiliki prodi PBA sejak beberapa tahun terakhir.
Kegiatan yang ditempatkan di Aula Utama Rektorat UIN STS Jambi itu dimulai pada jam 09.00 dan dihadiri oleh Rektor, Dekan FTIK, Ketua Prodi PBA, dan pemateri pusat dan daerah, yaitu Prof. Dr. Imam Asrori, Mohammad Ahsanuddin, M.Pd., Ahmad Yoesef, Drs Ali Musa Lubis, M.A, dan Budi Sanjaya, Ph.D.
Acara pembukaan dimulai dengan pembacaan ayat suci Alqur’an, sambutan-sambutan dan pembacaan do’a. Sambutan pertama disampaikan oleh ketua pelaksana pelatihan yang juga ketua prodi PBA, Bapak Drs. Wahab. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada IMLA yang menunjuk UIN Jambi sebagai pelaksana kegiatan dan permohonan maaf kepada semua pemateri dan peserta atas kekurangan selama kegiatan pelatihan. Setelah sambutan ketua pelaksana dilanjutkan dengan sambutan rektor UIN Jambi, Bapak Dr. Hadri Hasan, M.A dan sekaligus membuka acara pelatihan secara resmi. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus pusat Ittihad Mudarrisi Al-Lughah Al-Arabiyah (IMLA) yang memberikan kepercayaan kepada UIN Jambi sebagai tuan rumah pelatihan bahasa Arab. Bahasa Arab perlu diajarkan karena tidak hanya sebagai bahasa orang Islam akan tetapi juga sebagai bahasa Internasional.
Peserta pelatihan berasal dari 42 Lembaga dengan total peserta sebanyak 80 orang baik guru bahasa Arab di MI, MTs, MA, dosen, maupun mahasiswa. Mereka tidak hanya berasal dari Provinsi Jambi, tetapi juga dari wilayah sekitar, termasuk dari Riau yang berjarak tujuh jam perjalanan darat.
Setelah acara pembukaan, rektor memberikan kenang-kenangan kepada IMLA sebagai ucapan terima kasih dan begitu pula IMLA memberikan kenang-kenangan berupa plakat, tas berserta prosiding PINBA kepada rektor UIN Jambi dan Dekan FTIK UIN Jambi. (Ahs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *