IMLA dan Pondok Pesantren Az-Zainiyah Batam Melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Arab

IMLA dan Pondok Pesantren Az-Zainiyah Batam
Melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Arab

 


Hari Sabtu dan Ahad 13-14 Oktober 2018, Pengurus Pusat Ittihad Mudarrisi Al-Lughah Al-Arabiyah (IMLA) bekerjasama dengan WAMY dan Pondok Pesantren Az-Zainiyah Batam mengadakan pelatihan peningkatan kompetensi guru bahasa Arab. Kegiatan yang bertempat di Pondok Az-Zainiyah itu dihadiri oleh 30 guru bahasa Arab dari berbagai lembaga pendidikan, yaitu dari SD, SMP, SMA/MA, ma’had, dan perguruan tinggi baik dari dalam maupun luar Batam. Yang menarik dari kegiatan ini, ada juga peserta yang berasal dari Singapura.

Acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ust. Moch. Syauqi, beliau adalah ketua pelaksana kegiatan pelatihan. Dalam sambutannya, Ust. Syauqi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pondok Pesantren Az-Zainiyah yang bersedia menjadi tuan rumah dan memohon maaf dalam pelaksanaan jika terdapat kekurang-kekurangan. Setelah itu dilanjutkan sambutan pengurus pusat IMLA yang disampaikan oleh Mohammad Ahsanuddin. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini dilaksanakan oleh IMLA dan bekerjasama dengan WAMY dan 9 lembaga pendidikan di Indonesia. Khusus yang di Batam adalah lembaga pondok pesantren. Kegiatan ini selain untuk meningkatkan kompetensi guru bahasa Arab juga mengenalkan IMLA kepada daerah-daerah. Untuk Batam, diharapkan ada pengurus cabang yang terbentuk setelah adanya kegiatan pelatihan ini.

Sambutan ketiga disampaikan oleh pengasuh pondok pesantren Az-Zainiyah Batam. Beliau menyampaikan bahwa sekarang ini pondok Az-Zainiyah berubah nama menjadi Pondok Pesantren Al-Bahjah Az-Zainiyah yang menginduk kepada Pondok Al-Bahjah di Cirebon. Beliau sangat senang kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di pondoknya mengingat sejarah pembelajaran bahasa Arab berawal dari pondok pesantren. Dia menyampaikan permohonan maaf jika pelaksanaan banyak kekurangan.

Setelah sambutan-sambutan dilanjutkan pemberian cinderamata dari IMLA kepada pondok pesantren AZ-Zainiyah sebagai kenang-kenangan atas pelaksanaan kegiatan pelatihan ini. Berbeda dengan pemateri yang dilaksanakan di daerah lain, pemateri di Batam hanya dua orang yaitu Mohammad Ahsanuddin dan Dr. Nuruddin.

Dihari pertama, materi yang disampaikan adalah trend baru dalam pembelajaran bahasa Arab, strategi keterampilan menyimak dan berbicara, strategi keterampilan membaca dan menulis. Pelaksanaan pelatihan hari pertama diakhiri pada pukul 16.00 dan peserta sangat antusias dengan kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *