IMLA Prakarsai Penandatanganan MoA

IMLA Prakarsai Penandatanganan MoA

antara Saudi Electronic University Riyadh dan 45 Perguruan Tinggi di Indonesia

“Program Arabic Online dan Tes Standar Bahasa Arab”

 

Jum’at, 28 September 2018 | Universitas Negeri Malang (UM)

 

Bahasa merupakan media utama yang paling efektif untuk menyampaikan pesan dalam setiap aktivitas kehidupan manusia. Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa Internasional. Satu dari enam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Bahasa Arab juga bahasa agama bagi sekitar satu setengah miliyar muslim di seluruh dunia, karena Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab. Beberapa ritual ibadah dalam Islam juga wajib dilaksanakan dalam bahasa Arab.

Bahasa Arab juga menjadi bahasa resmi lebih dari 20 negara; utamanya di kawasan Timur Tengah. Bahasa Arab dituturkan secara aktif lebih dari 300 juta penduduk bumi. Oleh karena itu bahasa Arab masuk dalam peringkat lima besar bahasa-bahasa di dunia; selain Mandarin, India, Inggris, dan Spanyol. Dengan demikian, bahasa Arab menjadi sangat penting untuk dipelajari. Hal itu tidak hanya berhubungan dengan bidang keagamaan semata melainkan juga untuk kepentingan komunikasi secara global sebagaimana bahasa-bahasa internasional lainnya.

Berkembangnya  ilmu  pengetahuan dan  teknologi  (IPTEK)  yang  begitu  pesat, terutama   dalam   hal   teknologi informasi dan komunikasi (TIK), ragam media pembelajaran  saat  ini menjadi melimpah. Saat ini dunia pendidikan dihadapkan dengan perkembangan dan perubahan jaman yang sangat pesat. Pada era digital, pemanfaatan teknologi untuk kepentingan peningkatan kualitas pendidikan tidak dapat ditawar-tawar. Teknologi menjadi bagian terpenting dalam proses pembelajaran; tidak terkecuali dalam pembelajaran bahasa Arab.

Sebagai organisasi profesi pengajar bahasa Arab yang berdiri pada tanggal 25 September 1999, IMLA (Ittihad Mudarrisii al-Lughah al-‘Arabiyyah) atau Ikatan Pengajar Bahasa Arab di Indonesia memiliki tugas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Salah satu misi IMLA adalah meningkatkan pengajaran bahasa Arab di Indonesia. Kerjasama lintas perguruan tinggi di Indonesia dan di Saudi Arabia ini merupakan perwujudan dari tanggungjawab IMLA yang memiliki visi menjadi organisasi profesi terdepan dalam peningkatan kualitas pengajaran bahasa Arab di Indonesia.

Pada hari Jum’at, tanggal 28 September 2018 di Graha Rektorat Universitas Negeri Malang (UM) , akan dilakukan penandatanganan bersama Naskah Perjanjian Kegiatan atau Memorandum of Activity (MoA) antara Saudi Electronic University dan 45 Perguruan Tinggi di Indonesia tentang penerapan Program Arabic Online dan Tes Standar Bahasa Arab. Kegiatan ini diprakarsai oleh IMLA dan akan dihadiri langsung oleh Rektor Saudi Electronic University, 45 Rektor Perguruan Tinggi di Indonesia, serta jajaran Pengurus Pusat Harian IMLA.

Setelah acara penandatanganan MoA, pada siang harinya akan dilangsungkan pula pelatihan penerapan Program Arabic Online dan Tes Standar Bahasa Arab. Pelatihan singkat ini akan diikuti oleh para ketua jurusan bahasa Arab dan perwakilan dosen dari setiap perguruan tinggi di Indonesia dan akan dilatih langsung oleh tim dari Saudi Electronic University.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *