Workshop Pembelajaran Bahasa Arab Bersama Dr. Ali al-Ma’yuf di IAIN Antasari

WORKSHOP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

BERSAMA DR. ALI AL-MA’YUF

KERJASAMA ANTARA IMLA DENGAN IAIN ANTASARI BANJARMASIN

TAHUN 2016

image4

Dr. Ali Ma’yuf Tengah memberikan materi pada Workshop Pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Antasari

Menjadi sebuah kebanggaan bagi IAIN Antasari mendapat kesempatan menyelenggarakan workshop pembelajaran bahasa Arab di tahun 2016 ini. Mengapa tidak? workshop ini menghadirkan trainer internasional yang juga dosen bahasa Arab dan wakil Direktur Pascasarjana Universitas King Saud Riyadh yaitu Dr. Ali bin Ma’yuf bin Abdul Aziz bin al-Ma’yuf. Workshop ini dapat terselenggara atas kerjama antara Ittihad Mudarry al-loghah al-‘Arabiyyah (IMLA) dengan IAIN Antasari Banjarmasin.

Dalam sambutannya, ketua panitia Drs. Akhmad Dairobi mengatakan bahwa kegiatan ini dapat terselenggara atas dukungan penuh Rektor dan sivitas akademika IAIN Antasari Banjarmasin serta IMLA sebagai organisasi profesi nasional bahkan diakui secara internasional. Melalui komunikasi yang intens antara IAIN Antasari bersama pengurus IMLA daerah Kalsel dengan Pengurus Pusat IMLA, akhirnya IAIN Antasari Banjarmasin dapat menjadi tuan rumah dalam kegiatan ini di bawah koordinator saudara Dr. Ahmad Muradi, M. Ag. Kegiatan ini juga dilaksanakan di tiga tempat, yaitu Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Pondok Modern Tazakka Batang, dan INAIS Bogor.

image3

Sesi foto setelah acara pembukaan Workshop Pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Antasari

Menurut laporan ketua panitia, Acara workshop ini dilaksanakan pada 3-4 Agustus 2016. Antusiasme para pemerhati bahasa Arab sangat terlihat, yaitu tercatat peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 101 orang dari berbagai kalangan, yaitu dosen, guru, dan praktisi bahasa Arab. Peserta tersebut datang dari berbagai daerah dan kabupaten/kota di Kalimantan Selatan bahkan dari Kalimantan Tengah. Sebut saja, mereka datang dari IAIN Palangkaraya dan Universitas Palangkaraya.

image5

Simulasi yang diperlihatkan Dr. Ali Ma’yuf dengan para peserta pada Workshop Pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Antasari

image2

Rektor sedang memberikan kata sambutan pada acar Workshop Pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Antasari

Adapun pada sambutan Rektor IAIN Antasari Banjarmasin, Prof. Dr. H. Fauzi Aseri mengatakan bahwa kegiatan ini sangat membantu para pegiat bahasa Arab untuk mendapatkan penyegaran, pencerahan dan menambah pengalaman dalam membelajarkan bahasa Arab. Oleh karena itu, sivitas akademika IAIN Antasari sangat mendukung acara ini. Bahkan ujar Rektor, workshop ini mendatangkan trainer internasional dan an-naatiq al-ashly yang berpengalaman, Sehingga kesulitan yang dihadapi para pembelajar dapat diatas dan dipecahkan.

Di sela-sela sambutannya, Rektor menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pengurus Pusat IMLA yang telah mempercayakan pelaksanaan workshop ini kepada IAIN Antasari Banjarmasin, semoga kerjasama ini terus berlanjut dengan kegiatan dan evant besar lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *